Sunday, June 8, 2014

Teknik Membuat Pagination dengan Delphi

1 comment:
Pagination atau yang oleh sebagian orang juga disebut dengan istilah paging adalah sebuah teknik membagi data yang ada di tabel database menjadi beberapa bagian kemudian ditampilkan kedalam dbgrid, listview atau komponen untuk menampilkan data yang lain. Biasanya dalam pagination atau pagging tersebut juga terdapat beberapa button seperti Next, Prev, Last dan First yang akan mengacu pada data yang akan ditampilkan. Seperti gambar dibawah.

Menurut para master delphi teknik pagination di delphi ini akan sangat membantu untuk meringankan beban utamanya jika datanya terlalu banyak. Logikanya tentu menampilkan 1000 data akan berbeda beban processor dan memory dengan menampilkan hanya 10 buah data saja. Berikut saya sharing source code membuat pagination dengan delphi dan database MySQL.

Teknik Membuat Pagination dengan Delphi

Pada contoh sederhana ini akan ditampilkan data sebanyak 5 buah perhalaman, untuk menampilkan data selanjutnya user harus mengklik button yang telah disediakan. Adapun datanya akan ditampilkan dalam component ListView yang digenerate pada saat runtime (aplikasi berjalan). Teknik ini juga dapat anda terapkan pada komponen dbgrid atau sejenisnya. Silahkan Download Source code beserta database dan datasourcenya disini. Happy Coding. :) 

1 comment:

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :