Sunday, June 1, 2014

Membuat Procedure dan Function Sendiri di Delphi

No comments:
dalam membangun aplikasi dengan delphi, kita akan banyak bekerja dengan prosedur, fungsi dan unit karena Dalam delphi, setiap component yang kita gunakan merupakan sebuah objek. Maka pemahaman lebih lanjut tentang penggunaan prosedur dan fungsi akan sangat diperlukan. Membuat prosedur dan fungsi sendiri akan sangat berguna untuk menjadikan alur program menjadi lebih terstruktur.

Kita dapat mendefinisikan procedure dan function sebagai sebuah program kecil yang dapat dijalankan sewaktu diperlukan. Dalam implementasinya, penggunaan procedure dan function ini biasanya untuk menghandel suatu proses tertentu semisal untuk melakukan proses input, delete atau update data. Tanpa kita sadari, jika kita menambahkan sebuah komponen (misal TEdit) maka jika kita menambahkan aksi pada komponen tersebut (misal aksi onclick) maka pada dasarnya kita telah membuat sebuah procedure yang digenerate otomatis oleh IDE delphi.

Membuat dan Menggunakan Procedure Sendiri

1. Untuk membuat prosedur dan fungsi sendiri, kita perlu mendeklarasikannya pada unit yang kita gunakan (biasanya dibawah code type) suatu misal kita membuat procedure sebagai berikut
 type
TForm1 = class(TForm)
...
..
.
procedure pesan;

2. Maka setelah anda mendeklarasikan procedure anda. Coba tekan CTRL+SHIFT+C maka secara otomatis procedure tersebut akan digenerate oleh Delphi contohnya sebagai berikut yang telah saya tambahkan sebuah code yang akan memunculkan pesan "Hallo Ini adalah Procedure"
procedure TForm1.pesan;
begin
Showmessage('Hallo Ini adalah Procedure !');
end;
3. Jika hendak menggunakan procedure tersebut kita hanya perlu memanggil namanya saja. Seperti contoh berikut saya memanggil procedure dalam event onclick milik button.
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
pesan;
end;

Membuat Procedure dan Function Sendiri di Delphi

Membuat dan Menggunakan Function Sendiri di Delphi

Berbeda dengan Procedure, Fungsi adalah sebuah program kecil yang memiliki Return Value, oleh karenanya untuk mendeklarasikan fungsi kita juga perlu mendeklarasikan tipe data yang digunakana. Berikut saya membuat sebuah contoh function yang akan melakukan operasi matematis dengan dua buah parameter.
type
...
..
.
function operasi(var nilaia, nilaib : integer):Boolean;

Sama Seperti Procedure, untuk memudahkan klik CTRL+SHIFT+C agar function digenerate otomatis oleh delphi. Hasil yang saya dapatkan seperti berikut ini. Telah saya tambahkan agar mampu melakukan operasi matematis yaitu penjumlahan
function TForm1.operasi(var nilaia, nilaib: integer): Boolean;
begin
ShowMessage('Hasil Penjumlahannya adalah ='+IntToStr(nilaia+nilaib));
Result := True;
end;

Karena kita membuat function yang memiliki parameter, maka untuk menggunakan function tersebut kita perlu mendefinisikan parameternya juga. Berikut contohnya pada event onclick milik button. Agar terlihat lebih dramatis sengaja saya tambahkan dua buah Edit kedalam form yang mana masing-masing edit ini akan kita ambil nilainya lalu dijumlahkan melalui fungsi operasi yang telah kita buta sebelumnya.
var
satu, dua : integer;
begin
satu := StrToInt(Edit1.Text);
dua := StrToInt(Edit2.Text);
operasi(satu,dua);
end;

Maka Hasilnya Kurang Lebih Seperti gambar berikut

Membuat Procedure dan Function Sendiri di Delphi

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :