Friday, February 28, 2014

Join Banyak Tabel Database dengan Delphi

3 comments:
Dalam Membangun Aplikasi Database seringkali kita dituntut untuk menggabungkan beberapa tabel. pada postingan sebelumnya sudah saya bahas tentang teknik JOIN tabel; Inner Join, Left Join, Right Join dan Union dimana Join Tabel tersebut diimplementasikan kedalam dua buah tabel yaitu tabel Mahasiswa dan tabel nilai.

sedikit berbeda dengan kasus sebelumnya, kali ini kita akan belajar bagaimana menggabungkan 4 tabel sekaligus. Sebenarnya untuk Join tabel sendiri tidak terbatas pada jumlah tabel yang akan kita Join karena terbukti saya pernah menggabungkan (Join) hingga belasan tabel. Enjoy :)

Sedikit gambaran tentang hasil yang kita inginkan kira-kira seperti gambar berikut dimana tombol Join akan bertugas untuk melakukan Query Join. sedangkan hasilnya akan ditampilkan didalam DBGrid yang paling bawah

Join Banyak Tabel Database dengan Delphi

Logikanya sederhana, kita akan memanggil setiap Field yang ada di tabel dimana masing-masing tabel memiliki field yang sama. pada kasus ini Field yang sama pada semua tabel adalah Field Nama (berada disemua tabel). adapun Query-nya adalah seperti berikut (Database Access) :
SELECT tabel1.Nama, tabel1.MataKuliah, tabel2.Nilai, tabel3.NamaDosen, tabel4.Alamat 
FROM (((tabel1
INNER JOIN tabel2 ON tabel2.Nama=tabel1.Nama)
INNER JOIN tabel3 ON tabel3.Nama=tabel1.Nama)
INNER JOIN tabel4 ON tabel4.Nama=tabel1.Nama)

Adapun Contoh Source Code dapat anda download disini. Semoga berhasil. Salam Delphier.. :)

3 comments:

  1. terima kasih mas, kebetulan saya baru beljar delphi untuk menggabungkan tabel....dan ini blog ini sangat bermanfaat.... semoga sukses untuk yg membuat blog ....

    ReplyDelete
  2. Untk memfilter data di atas bagaimna y???

    ReplyDelete
  3. kalau bukan database tapi dy virtualtable gimana cara gabungnya?

    ReplyDelete

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :