Tuesday, February 25, 2014

Simpan Gambar ke Database Bagian II

No comments:
Menyimpan Gambar ke Database

Seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya, bahwa untuk menyimpan gambar ke Database, entah Itu database Access, Desktop/Paradox atau Database MySQL menggunakan Dua Konsep. Pertama, Masing-masing database tersebut memiliki Tipe Data yang dapat digunakan untuk menyimpan Data Binary yaitu OLE/BLOB. Cara ini sudah saya jelaskan sebelumnya. Silahkan Cek disini.

Cara kedua adalah dengan menyimpan Path atau Lokasi File Gambarnya saja kedalam Database. Cara ini lebih saya sukai daripada cara yang pertama. Berikut saya sharing Tekniknya.

1. Buatlah sebuah Database dan sebuah tabel yang akan digunakan untuk menyimpan data gambar, Pada Contoh ini saya menggunakan Database Access. adapun struktur tabelnya dalah sebagai berikut

Menyimpan Gambar ke Database Bagian II

2. Seperti biasa, Selanjutnya adalah melakukan koneksi ke Database kemudian menambahkan beberapa komponen seperti.

Open Dialog = Untuk Membuka Gambar
Image = Untuk Menampilkan gambar gari Database

3. Untuk Proses Simpan saya menggunakan Code Append dan Post seperti dibawah ini
ADOQuery1.Append;
ADOQuery1.FieldByName('Nama').AsString:=Edit1.Text;
ADOQuery1.FieldByName('Alamat').AsString:=Edit2.Text;
ADOQuery1.FieldByName('Photo').AsString:=Edit3.Text;
ADOQuery1.Post;
FormShow(Self);

4. Sedangkan untuk menampilkan gambar dari Database saya menggunakan coding berikut yang saya letakkan di event on Form show
Image1.Picture.LoadFromFile(ADOQuery1['Photo']);

Biasanya, akan terjadi Error saat menampilkan Gambar dengan coding tersebut diatas, Jika Ekstensi gambar adalah JPG anda hanya perlu menambahkan JPEG kedalam Uses anda. Jika malas ngoding, sudah saya siapkan projeknya buat anda silahkan Download disini.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :