Saturday, June 7, 2014

Menampilkan Data dari Database ke Checklistbox Delphi

1 comment:
Dalam membangun aplikasi dengan bahasa pemrograman apapun. salah satu hal utama yang harus kita miliki adalah sebuah ide dan kreatifitas selain itu tentu saja juga harus memiliki skil yang memadai. Berbicara tentang kreatifitas tidak luput dari trik-trik yang digunakan dalam membangun sebuah aplikasi. Trik-trik tersebut biasanya lahir dari masalah-masalah yang muncul saat sedang membuat aplikasi semisal menampilkan data dari database dengan teknik yang berbeda (bukan ke dbgrid) tapi ke komponen lain seperti label atau edit.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi sedikit trik bagaimana menampilkan data yang ada pada tabel database ke component check list box di delphi. Cara seperti ini juga bisa kita terapkan pada component delphi yang lain seperti label atau edit. Berikut adalah contoh data yang saya miliki pada tabel database

Menampilkan Data dari Database ke Checklistbox Delphi

Nah, untuk menampilkan data tersebut pada component check list box di delphi sebelumnya tentu saja kita harus melakukan koneksi terlebih dahulu saya anggap sudah tidak ada masalah karena saya tidak akan membahasnya disini.

Sederhana saja, pada gambar berikut saya memiliki sebuah komponen checklistbox, sebuah listbox dan dua buah button.  

Menampilkan Data dari Database ke Checklistbox Delphi

karena saya ingin menampilkan data yang ada di database pada saat button ambil value dari tabel database ditekan maka saya hanya perlu menambahkan code berikut pada button tersebut 
var i : integer;
begin
for i := 1 to ADOQuery1.RecordCount do
begin
checklistbox1.Items.Add(ADOQuery1['Value']);
ADOQuery1.Next;
end;

Berikutnya untuk mengambil value pada komponent checklistbox tersebut saya menambahkan script seperti berikut ini pada button centang lalu klik ini 
var i : integer;
begin
listbox1.Items.Clear; // hapus dulu
for i := 0 to checklistbox1.items.Count - 1 do
begin
if checklistbox1.Checked[i] = true then
begin
listbox1.Items.add(checklistbox1.Items.Strings[i]);
end;
end;

1 comment:

  1. Tutorial yang bagus. Lalu bagaimana caranya untuk menghubungkan ke database? Apakah ada artikel tersendiri di blog ini?

    ReplyDelete

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :