Friday, June 6, 2014

Membuat Desktop Alert Sederhana dengan Delphi

No comments:
Membuat Desktop Alert Sederhana dengan Delphi

Saya akui untuk membuat sebuah aplikasi itu sangat susah. Pasalnya selain membuat tampilan aplikasi yang user friendly kita juga harus memikirkan segala kemungkinan yang akan terjadi atau yang juga dikenal dengan istilah event handling hal ini akan berpengaruh untuk meminimalisir terjadinya error yang dapat menjadi bug pada aplikasi kita. Bisa dibayangin bagaimana susahnya membuat component delphi karena menggunakannya saja terkadang kita kesulitan. hhe

Berbicara tentang tampilan yang user friendly saya ada satu trik yang akan saya bagikan pada postingan ini. Trik ini disebut juga dengan Desktop Alert kalau di indonesiakan kurang lebih artinya Pesan Desktop. Teknik semacam ini dapat kita manfaatkan untuk memberikan Pesan kepada pengguna aplikasi pada proses yang terjadi pada aplikasi semisal pesan jika ada SMS Masuk pada program SMS Gateway seperti gambar diatas.

Langkah Membuat Desktop Alert dengan Delphi 

1. Pertama-tama silahkan download desktop alertnya disini (Berbentuk File *.dll) Lalu tambahkan kedalam folder projek anda.

2. Selanjutnya tambahkan sebuah Button pada form projek anda lalu deklarasikan sebuah procedure untuk memanggil alert yang ada didalam file *.dll yang sudah didownload sebelumnya.
procedure ShowAlert(
AWidth,AHeight : integer;
AHeaderText, AMessageText : string;
AHeaderFontSize : integer;
ACaptionFrom,ACaptionTo,AFrame,AWindowFrom,AWindowTo : Cardinal;
ADisplayDuration : Cardinal;
AImage : string); stdcall; external 'Alert.dll';

3. Berikutnya tambahkan code berikut pada button yang telah ditambahkan tadi (klik dua kali) 
showAlert(
250, // Lebar
70, // Tinggi
'Informasi !', // Header Alert
'Ada SMS Masuk..', // Pesan Alert
10, // Ukuran Font
clWhite,
clWhite,
clWhite,
clWhite,
clWhite,
500, // Durasi
'logo.ico'); // Icon

Sebaiknya anda menambahkan sebuah gambar icon kedalam folder projek anda agar tidak terjadi error sesuaikan namanya dengan coding diatas. Selamat mencoba. :)

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :