Friday, May 30, 2014

Program Menghitung Grade Nilai dengan Pascal

No comments:
Jika kita pintar bahasa pemrograman maka hal yang sulit dapat kita jadikan mudah. Sebut saja contohnya Kalkulator yang didalamnya berisi program operasi matematis sehingga kita dapat dengan mudah melakukan penjumlahan, perkalian, pembagian dan semacamnya yang jika dilakukan secara manual bisa jadi membutuhkan waktu ekstra. Tidak perlu jauh-jauh, Microsoft Word yang kita gunakan untuk mengetik selama ini adalah salah satu bentuk karya tangan seorang programmer.

Sebenarnya banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa kita pelajari seperti pascal yang dapat dilanjutkan dengan IDE seperti Delphi atau Lazarus maka jika anda menyukai Delphi, sebaiknya sedari dini untuk memperdalam pascal karena syntax delphi diadopsi sepenuhnya dari Pascal.

Lepas dari itu semua, berikut saya sharing sebuah program sederhana yang mampu melakukan penyeleksian pada nilai yang diinputkan yaitu untuk menghitung Grade nilai. Penyeleksiannya dilakukan dengan menggunakan subrutin percabangan if then. Adapun contoh codingnya adalah sebagai berikut
program hitungnilai;
uses wincrt;

var
nilai : integer;

begin

Write('Masukan Nilai = '); readln(nilai);
if (nilai >= 90) then
Writeln('nilai = A') else
if (nilai > 80) then
Writeln('nilai = B+') else
if (nilai > 70) then
Writeln('nilai = B') else
if (nilai > 61) then
Writeln('nilai = C+') else
if (nilai > 50) then
Writeln('nilai = C') else
if (nilai > 30) then
Writeln('nilai = D') else
if (nilai > 0) then
Writeln('nilai = E');

end.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :