Friday, May 30, 2014

Menggunakan Perulangan di Pascal

No comments:
Hal yang tidak kalah penting dalam belajar pemrograman komputer adalah memahami bagaimana konsep serta implementasi perulangan atau yang sering juga disebut dengan istilah looping karena dalam membangun aplikasi kita tidak akan pernah lepas dari perulangan. Looping diperlukan untuk mengeksekusi baris perintah (systax) tertentu secara berulang-ulang dalam waktu yang telah ditentukan.

Ambil saja contoh jika anda ingin mengetik kalimat "Saya Suka Pemrograman"  sebanyak 1000x atau lebih maka hal ini akan cukup memakan waktu tapi dengan menggunakan teknik looping hal itu bisa kita lakukan dalam hitungan detik. Mantap kan bisa bahasa pemrograman ? Dalam Pascal, ada tiga macam perulangan yang sering digunakan.

1. Perulangan While Do

Ini adalah jenis perulangan dimana kondisi didefinisikan diawal. Artinya Jika kondisi belum terpenuhi maka proses akan terus dilakukan. Suatu misal adalah contoh berikut akan melakukan perulangan selama nilai dari variabel bil lebih keci dari 5
program belajar;

var
bil : integer;

begin
bil:=0;
while (bil<=5) do
begin
writeln('Ini adalah Bilangan ke',bil);
bil:=bil+1;
end;
end.

2. Perulangan For Do

Perulangan yang selanjutnya adalah For Do. Jenis perulangan ini akan melakukan proses sebanyak yang kita definisikan. Contohnya adalah program sederhana berikut akan melakukan perulangan sebanyak 10 kali
program belajar;

var
i : integer;

begin
for i:=1 to 10 do
begin
writeln('Ini adalah Bilangan ke',i);
end;
end.

3. Perulangan Repeat Until

Ini sangat mirip dengan perulangan while do hanya aja kondisi didefinisikan diakhir. Artinya perulangan akan terus terjadi selama (Until) nilainya False. Contohnya adalah berikut ini. Perulangan akan dilakukan selama nilai i lebih kecil dari 10 dan selama itu juga nilai i akan terus ditambah dengan 1.
program belajar;
var
i : integer;

begin
i:=0;
repeat
writeln('Ini adalah Perulangan ke',i);
i:=i+1;
until i=10;
end.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :