Friday, May 2, 2014

Migrasi ke Delphi XE

No comments:
Saya kira kita semua sudah mafhum bahwa saat ini Delphi tidak lagi dikelola oleh Borland tapi diambil alih oleh Embarcadero. Saat postingan ini ditulis, versi terakhir yang dikeluarkan oleh Embarcadero adalah XE6 dengan penambahan fitur-fitur seperti support untuk membuat aplikasi berbasis Android.

Namun demikian Saat ini aplikasi berbasis android sudah banyak dikembangkan oleh para developer. Sebut saja aplikasi chatting seperti wechat, kakaotalk bahkan blackbery messengger saat ini telah support untuk android. Android sendiri merupakan hasil modifikasi dari kernel linux yang dikembangkan oleh pihak google.inc. karena masih bersifat open source, jadi kita dapat dengan bebas menggunakan dan memodifikasinya. itulah salah satu kelebihan open source dibanding yang tidak open source. :)

Biasanya aplikasi berbasis android banyak dikembangkan dengan teknologi Java namun seperti yang telah saya jelaskan saat ini kita juga bisa mendevelop aplikasi android dengan Delphi melalui framework firemonkey-nya. Oleh karenanya saya sangat menyarankan agar anda segera migrasi ke Delphi yang lebih baru alasannya tentu agar tidak ketinggalan. tapi sebenarnya tidak masalah jika anda ingin tetap menggunakan delphi lama seperti Delphi 7. 

Lepas dari semua itu, Saya sendiri sudah mulai migrasi ke Delphi XE5 karena tidak ingin ketinggalan kereta. ini merupakan tuntutan jika anda berprofesi sebagai seorang Programmer. 

Aplikasi Android Pertama dengan Delphi XE5

1. Buka Delphi XE5 anda, lebih bagus jika anda menggunakan Delphi XE6

2. Klik Menu File | New | Firemonkey Mobile Application 

Migrasi ke Delphi XE5

3. Pilih Template yang ingin anda gunakan pada gambar diatas. saya menggunakan Blank Application | OK. Adapun Tampilan yang saya peroleh adalah seperti gambar berikut

Migrasi ke Delphi XE

Jika tampilan seperti gambar diatas muncul maka kita sudah bisa menambahkan komponen-komponen yang kita perlukan kedalam form firemonkey tersebut. 

Agar dapat dijalankan di mesin Android anda perlu menjadikannya file *.apk terlebih dahulu Untuk itu anda harus melakukan Build Terlebih dahulu (SHIFT+F9) kemudian Deploy (ada di menu Project). Hasilnya dapat anda lihat di folder projek anda di folder_projek\Android\Debug\Project1\bin Seperti gambar berikut ini

Migrasi ke Delphi XE

Selamat Bereksplorasi dengan Delphi XE. Happy Coding.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :