Thursday, April 18, 2013

Import Data Excel Ke Database MySQL dengan Delphi

No comments:
Import Data dari File Excel kadang diperlukan oleh sebuah aplikasi karena biasanya, System Aplikasi Perkantoran Jaman dahulu mentok menggunakan Microsoft Excel. Dengan Menggunakan Fasilitas Import data ini, Bertujuan untuk tidak merepotkan End User agar data-data awal yang ada di excel tidak di inputkan lagi secara manual. coba deh sobat bayangin bagaimana capeknya kalau datanya ada 1000 atau mungkin 10000. Berapa lama waktu yang akan diperlukan ?

Solusi dari pertanyaan diatas adalah dengan menggunakan Fasilitas Import data pada aplikasi yang anda bangun. Postingan Sebelumnya kan udah membahas Bagaimana Melakukan Export Data Ke Format Microsoft Excel. Rasanya Kurang Komplit Kalo Gak ada Proses Import dari Hasil Exportnya. Biar tidak Panjang lebar, mari kita mulai.

Untuk Kasus dan Desain Form Sama Seperti Postingan Sebelumnya (Eksport data ke Microsoft Excel) Silahkan Baca disini jika anda belum membacanya agar prosesnya menjadi lebih mudah.

Import ke Excel

1. Tambahkan didalam Uses : Excel2000

2. Buat Prosedur dan Fungsi : Download disini

3. Tambahkan Setelah Code {$R *.dfm} : Download disini

4. Karena Ada Field di dalam database yang berhubungan dengan tanggal jadi jangan lupa Mengganti Format Tanggal di komputer anda menjadi (yyyy-mm-dd). Saya menyarankan agar anda menetapkan format tanggal komputer anda menjadi yyyy-mm-dd selama belajar Import dan Eksport data ke Excel (Jika ada Field di database anda berhubungan dengan tanggal)

Download Contoh Source Lengkap Disini

Import ke Excel 2

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :