Thursday, April 18, 2013

Export Database MySQL Ke Excel dengan Delphi

No comments:
Seperti yang kita ketahui, Aplikasi yang cerdas adalah aplikasi yang bisa melakukan apa saja. Bisa kita katakan Bahwa dari kecerdasan Aplikasi itulah tempat nilai jualnya. Semakin Pintar Sebuah Aplikasi maka semakin Mahal Harganya. Coba Deh Bandingkan Harga Ponsel yang hanya bisa Mengirim dan Menerima SMS dengan Ponsel Smartphone Android. Jauh Banget Kan ? (Kok jadi ngomongin Handphone)

Utilitas Export data Dari Database adalah salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah aplikasi. apalagi Eksport data ke Microsoft Excel karena kebanyakan Pegawai-Pegawai perusahaan lebih akrab dengan Microsoft Excel. Untuk itu pada postingan ini saya akan sharing tentang cara Export data dari MySQL ke Excel.

Untuk Melakukan Export data Ke Excel ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya pada postingan ini. Pertama, Pastikan sudah tidak ada masalah dengan koneksi database. jika sobat belum faham atau masih ada masalah silahkan baca postingan sebelumnya. Kedua, Pastikan proses CRUD data Sudah tidak ada masalah. jika sobat masih bingung silahkan baca postingan sebelumnya. Ketiga, Pastikan ada Data yang tersimpan didalam Tabel Database Sobat. kalo tidak ada apa yang mau diexport ?

Contoh Kasus Kita akan melakukan Export Data yang ada di Tabel User.

Desain Form Saya Seperti ini

Export Excel 1

Selanjutnya Masalah Coding. Karena Tanpa Coding tentu saja Prosesnya Tidak akan Jalan.

1. Tambahkan ini didalam Uses Anda : ComObj
2. Jangan Lupa Deklarasikan Fungsinya : function userKeExcel(ASheetName, AFileName: string): Boolean;
3. Tambahkan Code ini Tepat Setelah {$R *.dfm}

Download disini

4. Tambahkan Code ini didalam Button Export :

Download disini

5. Karena Ada Field yang berhubungan dengan Tanggal Jadi Jangan Lupa Mengganti Format Tanggal Komputer Anda Menjadi (yyyy-mm-dd).

Download Contoh Source Codenya disini

Export Excel 2

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :