Tuesday, April 9, 2013

Event Penekanan Enter Pada Delphi

No comments:
Seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan postingan yang lain. Konsep Pemrograman Delphi terletak pada Penggunaan Event dan Coding. Suatu Misal Jika anda ingin Prosesnya dijalankan ketika sebuah Tombol di klik maka anda harus meletakkan baris perintah (Coding) anda didalam Event On Click. Begitu juga jika anda ingin prosesnya terjadi pada saat Form dijalankan maka anda harus mengetikan coding anda di Event On Show. Lalu bagaimana dengan Event Penekanan Pada Keyboard semisal Penekanan Enter ?

Mudah saja sebenarnya. Step 1 Kita membutukan Code Assci dari keyboard tersebut. Step 2 Kita Perlu Tahu dimana Codingnya diletakkan (Event OnKeyPress). Step 3 Gunakan Statemen Kondisi dan Aksi (If Then Else)

Pada Postingan Ini admin ingin membagi sedikit pengetahuan tentang Cara Menangkap Aksi Penekanan Tombol Enter Keyboard Pada Delphi. Okelah, Anggap Saja Kita ingin melakukan Pencarian Pada sebuah Database dengan Parameter sebuah Inputan Edit. Nah, Setelah Tombol Edit diisi dan Tombol Enter Keyboard ditekan Maka Proses Pencarian Pada Database akan dilakukan.

Caranya Cukup Mudah. Letakkan Code dibawah ini pada Event OnKeyPress Milik Komponen Edit :
If key=#13 then // Code Asscii Enter adalah 13
begin
// Disini Aksi yang akan dilakukan Setelah Tombol Enter ditekan
end;

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :