Saturday, March 1, 2014

Contoh Mikrotik API Untuk Delphi

No comments:
Mikrotik atau yang akrab kita sebut dengan Router Mikrotik memiliki dua Produk yang dikenal dengan Mikrotik Router Board dan Mikrotik RouterOS. Mikrotik dikembangkan dengan menggunakan Kernel Linux oleh karenanya anda dapat menjadikan PC/Komputer anda sebagai Router dengan menginstalkannya Mikrotik RouterOS, tentu saja anda akan membutuhkan NIC (Network Interface Card) tambahan. Namun Jika anda tidak ingin repot, Mikrotik juga mengeluarkan Mikrotik Router Board untuk memudahkan anda. 

Baik Router Board ataupun RouterOS Mikrotik sebenarnya keduanya sama saja. Hal ini tentu tergantung kenyamanan serta pilihan penggunanya. Terlepas dari hal itu, Umumnya untuk melakukan konfigurasi pada Mikrotik dapat dilakukan dengan dua cara; 1. Command Line Interface (CLI), 2. Berbasis GUI (Winbox/Webfig). Keduanya dapat anda gunakan secara gratis. 

Kali ini saya ingin sedikit berbagi bagaimana memanfaatkan Mikrotik API (Aplication Programming Interface) untuk membuat Tools Sederhana Meremote Mikrotik dengan Delphi. Sebelumnya, Anda harus mengaktifkan Fitur API yang ada di Mikrotik dengan perintah sebagai berikut. 

Langkah - Langkah Mengaktifkan Mikrotik API

1. ip service print -> Untuk melihat apakah API sudah aktif atau belum

Contoh Mikrotik API Untuk Delphi

2. ip service enable api -> Untuk Mengaktifkan Fitur API di Mikrotik

Contoh Mikrotik API Untuk Delphi

Sampai disini Fitur API Mikrotik sudah Aktif yang ditandai dengan hilangnya tanda X disamping tulisan api pada gambar diatas. Selanjutnya anda bisa mendownload contoh Source code Mikrotik Delphi API disini. 

Contoh Mikrotik API Untuk Delphi

Karena contoh tersebut menggunakan Library tambahan yaitu synapse, jadi Sebelum membuka source code tersebut dengan Delphi anda, Pastikan anda sudah menambahkan Path Library Synapse ke Delphi anda. Cara untuk menambahkannya dapat anda lihat disini.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :