Saturday, March 1, 2014

Contoh Login Hashing dengan SHA1 dan MD5 di Delphi

No comments:
Teknik Hashing banyak digunakan untuk menyembunyikan password login dari sebuah aplikasi. Teknik ini banyak dipakai oleh Website Programmer sebagai sebuah implementasi keamanan dan pertahanan dari aplikasi tersebut. Selain itu, hashing juga kerap digunakan sebagai media Checksum untuk mengetahui valid tidaknya pesan yang diterima. Teknik seperti ini banyak digunakan di internet (biasanya untuk cek file yang telah di download).

Pada Postingan terdahulu sudah saya sharing Contoh Login beserta komponen MD5 di Delphi. Kali ini saya mau sharing lagi tentang Contoh Form Login yang dikombinasikan dengan Hashing (Md5 dan SHA1) menggunakan Library chash yang dapat anda download secara gratis disini.

Sebelum membahas lebih lanjut terlebih dahulu tambahkan Path komponen tersebut kedalam Library Delphi. Caranya sudah saya jelaskan pada postingan-postingan yang telah lalu. Jika belum tahu, sebagai contohnya anda dapat melihatnya disini.

Langkah Selanjutnya anda perlu menggunakan Library tersebut dengan menambahkannya pada Uses Projek anda. seperti gambar berikut :

Contoh Login Hashing dengan SHA1 dan MD5 di Delphi

Untuk Menggunakan Hasing MD5 dan SHA1 Library tersebut dapat anda lihat pada contoh potongan coding dibawah ini :
password:=MD5DigestToHex(CalcMD5(Edit2.Text));
password := SHA1DigestToHex(CalcSHA1(Edit2.Text));

Sebagai Bahan Pembelajaran, dibawah ini adalah contoh Screenshoot Form Login dan Form Utama Projek yang saya buat. 

Contoh Login Hashing dengan SHA1 dan MD5 di Delphi

Contoh Login Hashing dengan SHA1 dan MD5 di Delphi

Oya, Hampir Lupa. Projek tersebut dapat anda Download pada link ini. Agar Lebih Paham, Pastikan anda telah mempraktekan step-step diatas. Untuk Login gunakan Username = admin dan Password = masuk. 

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :