Saturday, March 1, 2014

Connect Dialog : Koneksi MySQL Saat RunTime di Delphi

No comments:
Connect Dialog : Koneksi MySQL Saat RunTime Delphi

Koneksi Aplikasi yang kita bangun menggunakan Delphi dengan Database MySQL dapat dengan mudah kita lakukan berbekal connector-connector yang sudah ada semisal ODBC, ZEOS dan MyDAC. Umumnya, Koneksi tersebut dilakukan secara manual pada saat Design Time dan tidak jarang terjadi Error setelah dipindahkan ke komputer lain. Hal ini menimbulkan masalah tersendiri bagi kenyamanan End User alias pengguna Aplikasi.

Dengan Membuat Connect Dialog atau Koneksi MySQL saat Run Time hal ini dapat menjadi solusi masalah tersebut sehingga jika koneksi gagal, yang akan muncul adalah form koneksi bukan pesan Error dari Aplikasi. Untuk membuat Utilitas semacam ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Saya sendiri memanfaatkan Connector ZEOS 7.0.3 dan Statemen Try Except yang ada di Delphi untuk melakukannya.

Connect Dialog : Koneksi MySQL Saat RunTime Delphi

Konsepnya Sederhana, Property-Property yang dibutuhkan untuk melakukan koneksi semisal : 
Hostname, DatabaseNama, Port, User Database dan Password database kita simpan didalam sebuah File ini. Kemudian Value dari property didalam file ini tersebut kita akses melalui aplikasi kita. Adapaun Contoh Source Code beserta database yang saya gunakan dapat anda Download disini.

Cobalah Untuk menjalankan Hasil Compile Aplikasi untuk mengujinya. Anda Hanya Perlu Mengimport file database yang ada didalam folder database ke MySQL anda dengan PHPMyadmin atau HeidiSQL dan melakukan koneksi melalui form koneksi agar anda dapat masuk ke Form Utama Aplikasinya. Jika anda ingin mengedit Source Codenya, gunakan CTRL+F9 untuk mengcompile (Jangan F9)!
Selamat mencoba dan semoga berhasil. :)    

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :