Sunday, October 20, 2013

Validasi Input Pada Delphi

No comments:
Validasi Input adalah sebuah istilah untuk mengecek keabsahan nilai sebuah Inputan Form. Hal ini akan sangat diperlukan untuk mencegah Error Program yang kita bangun. Aplikasi yang baik senantiasa akan memiliki Action handling (Penanganan Aksi), Error Handling (Penanganan Error) dan Semacamnya. Jadi Orang Buat Aplikasi itu tidak sembarangan. hehe

Dalam Implementasinya, Coding Validasi Input akan mengecek terlebih dahulu Inputan-Inputan User Sebelum melakukan aksi selanjutnya. Anggap Saja Anda Membuat Aplikasi tentang Pengolahan Data Barang. Katakanlah pada Proses Simpan anda tidak melakukan Validasi Maka Cobalah Menginputkan Data-Data yang tidak Valid Suatu misal Pada Inputan tanggal anda menulis Teks maka pasti Program anda akan Error. Inilah Yang sering disebut dengan Bug (Bak). Seorang Hacker atau Cracker akan memanfaatkan Bug tersebut untuk merusak system anda.

Secara Sederhana Kita dapat Memanfaatkan Kondisi untuk melakukan Validasi input ini. Logikanya Sederhana; Jika Inputan = Kosong Maka Tampilkan Pesan Error atau Jika Inputan != Angka Maka Tampilkan Pesan Kesalahan. Bagaimana ? 

Oke. Kita langsung saja ke Coding. Contoh Berikut adalah penggunaan secara sederhana saja. 
// Cek Jika Inputan Masih Kosong
If (Edit1.Text='') or (Edit2.Text='') then
// Tampilkan Pesan Kesalahan
MessageDlg('Ops, Inputan Anda Masih Kosong !',mtWarning,[mbok],0) else
// Jika Inputan Tidak Kosong, Lakukan Aksi dibawah
begin
// Aksinya ada disini
end;

Validasi Input Pada Delphi

Coding diatas akan mengecek inputan Edit 1 dan Edit 2. Jika salah satunya Kosong (OR) maka proses akan dihentikan dan program akan menampilkan sebuah Pesan kesalahan yang menyatakan bahwa inputan masih kosong. tapi jika semua terisi, aksi akan dilanjutkan ke proses berikutnya. 

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :