Monday, September 10, 2012

Membuka File Dengan Code Delphi

No comments:
Dalam Membangun Sebuah Aplikasi. Kadangkala Kita Perlu Membuka Suatu File yang berhubungan dengan aplikasi yang kita bangun. Suatu Misal membuka File Help yang banyak dibuat dengan Format *.chm meski tidak jarang berformat *.Pdf, Membuka Browser atau Kalkulator dan semacamnya. Pada Postingan Kali ini Admin Ingin Sharing tentang bagaimana membuka Sebuah File Dengan Delphi.

Tidak ada teknik khusus untuk melakukan hal tersebut diatas karena Pada Dasarnya Untuk membuka sebuah File didalam komputer dengan Coding Delphi dilakukan dengan cara menggunakan ShellApi. Untuk menggunakannya anda bisa langsung menambahkannya pada uses ShellApi.

Setelah Menambahkan Library-nya Pada Uses, kemudian anda hanya tinggal memanggil file yang akan anda buka. untuk code nya seperti dibawah ini :
ShellExecute(Handle, 'open', 'C:\Windows\System32\calc.exe',nil,nil,SW_SHOWNORMAL);

Kode diatas akan membuka tools kalkulator bawaan windows.

Letakkan Kode tersebut pada event yang anda inginkan untuk membuka file yang anda inginkan. suatu misal anda ingin membuka file pada saat penekanan tombol maka tambahkan kode diatas pada event onclick tombol tersebut. mudah bukan? selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :