Friday, August 10, 2012

Pengenalan Delphi 7

No comments:
Sebelum lebih jauh membahas tentang Bahasa Pemrograman Delphi, Ada Baiknya kita berkenalan dulu dengan Bahasa Pemrograman yang satu ini. Tujuannya untuk lebih mengakrabkan diri. Sobat juga sudah sering dengar kan kata pepatah "Tak Kenal Maka Tak sayang, Tak sayang maka tak cinta".

Begitulah kira kira cara admin mempelajari Bahasa Delphi. Kenali Dulu, Maka Yakinlah Sobat akan cepat mengerti. Saran Saya Pelajarilah Konsepnya terlebih dulu. hal itu akan membuat anda menjadi lebih mudah faham. Disini kita hanya akan mebahas yang sering digunakan saja. Maaf ya tidak terlalu Rinci.

Sedikit Saya Sharing disini Konsep Pemrograman Pada Delphi mengacu pada 3 hal yaitu Penggunaan Event, Coding Serta Pemanfaatan Komponen yang digunakan. Hal ini akan sedikit membantu anda dalam belajar jika anda sudah memahaminya. Gunakan Komponen yang tepat, Tulislah Logika Coding anda dengan benar serta letakan didalam event yang sesuai.

Pertama, Mari Kita Lihat Tampilan Utamanya :

Pengenalan Delphi 7

Kedua, Mari Kita Bahas satu Persatu.

Gambar dibawah ini adalah Gambar Form, Tempat Anda Meletakkan Komponen yang akan anda gunakan dalam membangun sebuah aplikasi.

Anda Juga dapat memanfaatkan Beberapa Form Sekaligus. Cara Menambahkan Form adalah : File -> New -> Form
Untuk memanggil Form yang lain anda dapat menggunakan Perintah NamaForm.Show;

Pengenalan Delphi 7

Gambar dibawah ini namanya Obect Inspector. Sobat akan Sering berurusan dengan Ini Untuk Mengatur Property Komponen yang Sobat Gunakan meskipun dengan Coding Sobat juga Dapat Melakukanny. Event Event Komponen yang sobat gunakan dapat dilihat pada Objek Inspektor ini.

Pengenalan Delphi 7

Gambar dibawah ini merupakan Kumpulan Pallete. Pallete Pallete tersebut Berisi Komponen Komponen yang berbeda. dapat sobat gunakan dalam membangun aplikasi.

Pengenalan Delphi 7

Yang Terkahir, Disinilah Sobat Meletakkan Coding Dalam Membangun sebuah Aplikasi. Gambarnya seperti dibawah ini :

Pengenalan Delphi 7

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :