Monday, August 20, 2012

Mengambil Inputan dari Combobox Delphi

No comments:
Dalam Membangun Sebuah Aplikasi. Peran Beberapa Komponen yang berbeda sangat dibutuhkan untuk menjadikan aplikasi lebih user friendly. Suatu Misal Pemanfaatan Komponen Combobox untuk memberikan User Pilihan dalam Menginputkan Agama Seperti gambar dibawah ini. Combobox juga sering digunakan untuk memilih Tanggal, Bulan dan Tahun. Meski Begitu, Semua tergantung variasi dari si Pembuat aplikasi tersebut.

Berikut Saya sharing tentang cara mengambil Inputan dari Combobox di Delphi. Ceritanya ada sebuah inputan Agama yang mana Valuenya berasal dari sebuah Combobox. Ini yang saya maksud dengan penggunaan komponen yang tepat (Pembahasan di pengenalan Delphi) akan memudahkan user dalam penggunaan aplikasi yang kita bangun. Coba deh kalau misalkan kita menggunakan komponen Edit ? User akan malas mengetikan. karena Agama yang ada di Indonesia hanya 5 dan itu tidak akan berubah maka lebih tepat jika kita menggunakan Combobox.

Mengambil Inputan dari Combobox Delphi

Trus Bagaimana Tuh Caranya Mengambil Inputan Dari Combobox ?

Pertama, Tambahkan 2 Buah Komponen (Edit dan Button). Edit, Akan Kita Gunakan Menampilkan Output. Button, Akan Kita Gunakan untuk Memproses.

Terakhir, Klik dua kali Komponen Button dan Tambahkan Code Ini :
case ComboBox1.ItemIndex of
0 : Edit1.Text:=ComboBox1.Text;
1 : Edit1.Text:=ComboBox1.Text;
2 : Edit1.Text:=ComboBox1.Text;
3 : Edit1.Text:=ComboBox1.Text;
4 : Edit1.Text:=ComboBox1.Text;
end;

Jika Anda Menginginkan Output Terlihat Setelah Anda Memilih di Combobox, Maka Letakkan Code diatas Pada Event OnComboboxChange.

Mengambil Inputan dari Combobox Delphi

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :