Tuesday, July 1, 2014

Membuat Tulisan Berkedip dan Berjalan di Delphi

No comments:
Saat saya baru pertama kali belajar delphi, hal pertama yang saya pelajari adalah teknik-teknik membuat sesuatu yang sederhana dan saya anggap menarik salah satu hal tersebut adalah teknik membuat tulisan berjalan dan berkedip jadi membuat semacam animasi pada teks gitu. Mempelajari trik ini yang membuat saya belajar sedikit demi sedikit sehingga sampai sekarang saya bisa mengimplementasikannya pada aplikasi yang saya buat. Itulah cara belajar saya.

Berikut saya akan berbagi bagaimana membuat tulisan atau teks berjalan dan berkedip pada form di delphi. Untuk membuatnya saya biasa menggunakan komponen Timer yang telah tersedia secara default di delphi. Silahkan tambahkan dua buah label dan sebuah timer pada form anda. klik dua kali pada komponen timer kemudian masukan kode seperti berikut 
// Tulisan Berjalan
// LJalan = Label/Teks Berjalan
LJalan.Left := LJalan.Left - 5;
if LJalan.Left <= -200 then
LJalan.Left := 500;

// Tulisan Berkedip
// LKedip = Lable/Teks Berkedip
if LKedip.Caption='Berkedip' then
LKedip.Caption:='' else
if LKedip.Caption='' then
LKedip.Caption:='Berkedip';
Untuk mengatur kecepatan tulisan berjalan atau berkedip anda perlu mengatur interval yang ada pada property milik timer. Selamat mencoba. Happy Coding guys. :)

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post

Popular Posts

Desain Oleh :